DAMPAK KEHADIRAN MARKETPLACE TERHADAP KEBERLANJUTAN TOKO ONLINE BERBASIS BLOG
Perusahaan
konsultan Mckinsey & Co telah melakukan penelitian dan memprediksi bahwa
pasar e-commerce Indonesia akan menjadi yang terbesar di dunia. Saat ini,
Indonesia berada di posisi ke enam sebagai negara dengan pasar terbesar di
dunia, dengan memiliki USD 2 miliar pasar e-commerce.
Pasar bisnis
online di Indonesia tumbuh berkembang dengan cepat, sehingga membuat pemain
harus bisa beradaptasi dengan perubahan tren. Contohnya seperti Go-Jek, yang
awalnya bermula dari layanan aplikasi untuk memanggil ojek, kini berkembang
menjadi layanan untuk memesan tiket bioskop hingga urusan kecantikan.
Sejak tahun 2010an
Sosial media mulai marak digunakan sebagai media bisnis para pelaku usaha
kecil. Pada awal merintis usaha jualan online, biasanya pemilik online shop
menggunakan media Facebook pribadi. Leads yang masuk melalui Facebook kemudian
diarahkan ke Blackberry Messenger yang memang menjadi media komunikasi paling
ngetop pada saat itu.. Jadi secara teknis, calon pembeli yang sudah melihat
produk di Facebook selanjutnya akan di arahkan untuk menghubungi admin melalui
BlackBerry messenger. Dan disitulah transaksi akan dilakukan.
Seiring
berjalannya waktu sebagian pengusaha online merubah cara promosinya yaitu
dengan membuat blog bisnis yang mana blok bisnis tersebut adalah media untuk
menampilkan katalog produk yang dijual. Premium Wordpress dan Blogspot menjadi
dua platform yang paling banyak dipilih oleh para pemiik Toko Online berbasis
Blog. Masih sama seperti pada tahap sebelumnya maka semua calon pembeli
diarahkan untuk menghubungi admin melalui BlackBerry messenger. Dan disitulah
transaksi kembali akan di laksanakan.
Pada rentang waktu
tahun 2010 - 2015 bisa dibilang menjadi masa kejayaan Toko Online berbasis
Blog. Kalau kita mencari suatu produk di Google maka halaman teratas pasti
diisi oleh website-website toko online yang memenangkan persaingan SEO. Budaya
masyarakat juga masih cenderung untuk memanfaatkan Google sebagai media
pencarian informasi produk maupun berita. Keberhasilan memenangkan SEO bisa
dipastikan berpengaruh terhadap penjualan Toko Online. Keberhasilan untuk bisa
berada di halaman pertama pencarian Google tentu memberikan dampak kenaikan
tren penjualan yang sangat pesat.
Namun seperti
halnya bisnis yang lainnya, Keberhasilan dalam mendominasi pencarian produk di
google ini pun akhirnya tergerus oleh adanya perubahan trend kesukaan
masyarakat untuk berbelanja melalui Marketplace. Sejak kemunculan beberapa
marketplace besar seperti Tokopedia, Zalora, Lazada, Shopee, Blibli maka
praktis banyak toko online yang tutup dan terpaksa harus merubah cara jualannya
agar tetap bisa bersaing dengan marketplace. Sebagian toko online merubah
platform bisnisnya menjadi berbasis social media premium seperti Fb Ads dan
Instagram Ads. Dan sebagian lagi melebur dan masuk berjualan di dalam marketplace,
dan sebagian lain menutup bisnisnya atau beralih ke bidang bisnis lain.
-Toko Online Non Marketplace memiliki beberapa Kelemahan mendasar sebagai berikut:
-Terlambat membaca dan mengantisipasi tren perubahan gaya hidup milenial yang menyukai kemudahan dalam transaksi online menggunakan marketplace
-Belum terintegrasi dengan alat pembayaran digital maupun dengan jasa pengiriman ekspress
-Tidak bisa COD (Cash On Delivery)
-Semua produk yang dipasarkan adalah produk dengan kualitas premium dengan harga relative mahal hanya konsumen hanya pada menengah keatas
-Website Toko Online biasanya dikelola sendirian tanpa manajemen khusus sehingga kurang konten websitenya kurang menarik, kurang SEO dan loadingnya berat.
Marketplace adalah
penggabungan peran dan fungsi antara pengguna akun yang hanya berperan sebagai
pembeli serta pengguna akun yang berperan sebagai penjual. Dengan ditopang
budget promosi yang luar biasa akhirnya perkembangan Member Marketplace
bertambah sangat signifikan. Perkembangan member yang sangat signifikan
menjadikan website marketplace tersebut menjadi sangat aktiv memproduksi konten
produk dan ini menjadi point yang sangat baik dalam penilaian Googgle hingga
akhirnya kalau kita mencoba mengetikkan query pencarian suatu produk di Google
maka produk yang dijual di marketplace akan muncul di halaman paling depan dan
paling atas. Hal ini mengakibatkan website toko online non Marketplace
perlahan-lahan tersingkir dan sebagian besar diantaranya mati / tidak sustain.
Untuk menghadapi gempuran Marketplace memang bukan pekerjaan mudah, namun setidaknya ada beberapa hal yang bisa dilakukan agar usaha toko online tetap bisa berjalan, yaitu:
-Meningkatkan kualitas pelayanan karena kualitas pelayanan yang baik akan berpengarpositif terhadap minat beli pada Toko Online.
-Membuat toko online berbasis aplikasi untuk lebih memudahkan konsumen dalam memilih produk yang ditampilkan dalam aplikasi.
-Proses Pembayaran sebaiknya dapat ditambah dengan implementasi dari payment gateway, sehingga dapat menggunkan pembayaran via kartu kredit, debet, Ovo, Dana dan lain sebagainya
-Membuka toko online menggunakan 3 platform bisnis popular saat ini yaitu melalui website e-commerce, media sosial dan markeplace, dengan cara ini diharapkan bisa menjangkau lebih banyak customer
-Redesign website dengan konsep yang lebih simple, ringan dan fast loading.
-Menambahkan fitur pemesanan produk melalui fitur Cart dan Checkout, agar proses pemesanan menjadi lebih efektif.
-Mengupdate produk setiap hari dengan tujuan agar mendapatkan penilaian performa yang bagus menurut Google
-Menambah varian produk dengan cara merekrut mitra-mitra suppliyer yang memiliki produk berkualitas dan harga bersaing
Salah satu poin
penting yang harus diperhatikan adalah bahwasanya dunia pemasaran digital ini
selalu berkembang dan dinamis. Setiap entitas bisnis tidak boleh lengah dan
harus senantiasa mengamati setiap perubahan karakter bisnis yang ada di
sekitarnya dari mulai karakter pembeli, trend mode, trend gaya hidup masyarakat,
serta perkembangan mode komunikasi digital yang setiap saat selalu
berubah, berkembang dan bahkan berganti. Ketidakpekaan para pelaku Bisnis
terhadap perubahan ini maka akan mengakibatkan pelaku bisnis tersebut tergerus
oleh kemajuan teknologi. Kualitas pelayanan terhadap konsumen adalah factor
utama untuk bisa menciptakan konsumen loyal. Jika pelayanan yang konsumen
dapatkan tidak memuaskan hal ini dapat mengakibatkan konsumen akan berpaling ke
toko yang lain sehingga membuat omset penjualan dapat menurun. Tetapi hal ini
dapat dihindari dengan cara meningkatkan pelayanan dengan cepat dan tanggap
terhadap keluhan konsumen. Semoga para pejuang Rupiah yang berjuang menggunakan
media Online berhasil melewati setiap rintangan Eksternal dan Internal yang
dihadapi sehingga bisa menjadi sarana Rezeki bagi keluarganya.
0 Response to "DAMPAK KEHADIRAN MARKETPLACE TERHADAP KEBERLANJUTAN TOKO ONLINE BERBASIS BLOG"
Posting Komentar